Pengertian Action Script

Action script merupakan suatu programming language (bahasa pemograman) yang dapat ditambahkan pada flash document (baik itu pada frame, movie clip, atau button) untuk dapat membuat suatu animasi yang lebih interaktif.

Action script seperti halnya pada pemograman C, C++ dan Java memiliki sifat yang sangat sensitive ( case-sensitive ) artinya penulisan huruf sangat berpengaruh. Ada beberapa aturan yang harus di perhatikan ketika Anda hendak menggunakan action script:

1. Penggunaan tanda titik koma ( 😉

Di dalam action script penggunaan titik koma (;) di gunakan pada saat akhir syntac yang telah di buat. Penggunaan titik koma pada action script memiliki fungsi yang sama pada penggunaan tanda titik pada suatu kalimat. Berikut beberapa contoh :

Play();

Stop();

Dll

2. Penggunaan tanda kurung kurawal ( {} )

Penggunaan tanda kurung kurawal pada action script sama seperti pada pemograman seperti C,C++ atau Java dalam membuat sebuah fungsi atau prosedure. Tanda kurung kurawal buka ({ ) mengidentifikasikan blok awal dimana didalam blok itu kita dapat memasukan action script sesuai yang kita inginkan, sedangkan untuk mengakhiri blok tersebut diidentifikasikan dengan tanda kurung kurawal tutup( } )

3. Penggunaan tanda titik (.)

PANEL ACTION

Tempat untuk menuliskan dan mengubah action script disebut panel action. Panel action berada dibawah stage dan di atas panel properties. Untuk menampilkan panel action tekan F9.

Untuk menuliskan action script, tentukan dulu tempat yang akan disimpan action script, ada 3 tempat yang dapat disimpan action script yaitu pada frame, button, atau movie clip. Pada saat ini saya akan memberi contoh action pada frame dan button saja.

MENULISKAN ACTION SCRIPT

1. Action Script pada Frame

2. Action Script pada Button